Selasa 01 Nov 2011 06:38 WIB

Kunjungan Turis Asing Lewat Jalur Laut Melonjak

Rep: nuraini/ Red: M Irwan Ariefyanto

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA— Kunjungan turis asing lewat jalur laut melonjak tajam selama tiga bulan terakhir ini. Menurut catatan PT Pelindo III, arus penumpang internasional per September telah mencapai 53.611 orang atau 168 persen dari target semula yakni 31.908 orang.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika, arus penumpang baik domestik maupun internasional yang melalui terminal penumpang dilingkungan kerja PT Pelindo III sampai dengan triwulan III, 2011 tercatat sebesar 2.808.736 orang atau 133 persen dari target yang ditetapkan yaitu 2.115.591 orang.

Kunjungan turis mancanegara naik signifikan, terlihat dari ramainya arus wisata internasional di Pelabuhan Tanjung Emas-Semarang, Benoa-Bali, dan Lembar-Lombok. Pelabuhan Benoa merupakan pintu masuk wisatawan asing ke Bali. Tercatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui Pelabuhan Benoa sampai dengan triwulan III 2011 mencapai 25.302 orang atau 126 persen dari yang ditargetkan yaitu 20.113 orang.

Di Pelabuhan Lembar sebagai pintu masuk ke pulau lombok, dimana para wisatawan mancanegara tersebut mengunjungi keindahan di Pulau Lombok, seperti Pantai Senggigi, Gilitrawangan, Pantai Kuta Lombok, Tanjung A’an, Pura Batu Bolong., Narmada Park (Taman Narmada) dan  Air Terjun Sindang Gila. Tercatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui Pelabuhan Lembar sampai dengan triwulan III 2011 mencapai 16.036 orang atau terealisasi 417 persen dari target yaitu 3.850 orang.

Dibandingkan dengan tetangganya Bali, Lombok memiliki iklim yang lebih kering, sehingga terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari dua jam. Lombok menjadi pilihan yang menarik untuk berwisata selama musim hujan di Indonesia, yaitu sekitar Oktober – Desember. Puncak musim turis di Lombok biasanya terjadi antara Mei sampai dengan Agustus.

Pelabuhan Tanjung Emas merupakan gerbang masuk wisata ke Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang banyak memiliki obyek wisaya seperti Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Jogjakarta, Keraton Surakarta, Museum KA Ambarawa, Kota Lama Semarang, Pantai Kartini Rembang, Taman Wisata Widuri Pemalang, Rawapening Semarang serta kota lama di daerah Semarang. Dari kunjungan turis manacanegara, tercatat jumlah kunjungan turis yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas sampai dengan triwulan III tahun 2011 mencapai 10.643 orang atau 190 persen dari target yaitu 5.590 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement