Selasa 25 Oct 2011 12:39 WIB

Perangi Narkoba dengan Berlatih Catur

Rep: Satya Festiani/ Red: Didi Purwadi
Catur
Catur

REPUBLIKA.CO.ID,KRAMATJATI - Korban penyalahgunaan narkoba dilatih bermain catur untuk memerangi penyalahgunaan narkoba. Hal itu disampaikan Ketua Umum PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Hashim Djojohadikusumo, dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Percasi.

"Permainan catur mendidik pemainnya untuk selalu berpikir dan menganalisa situasi sebelum melakukan tindakan apapun," ujar Hashim. "Percasi melihat peluang dan potensi besar dari olahraga catur sebagai salah satu upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba.''

Sebuah penelitian di Rusia menunjukkan olahraga catur dapat membantu mengatasi masalah ketergantungan narkotika. Catur, ujarnya, dapat mengisi beberapa aspek positif baik dalam tindakan preventif maupun kuratif dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Secara kuratif, bermain catur membuat mereka yag sedang dalam masa terapi dapat mengisi waktunya dengan positif.

"Percasi akan mengajar para residen, sebutan bagi mantan pengguna yang sedang menjalani terapi, dibawah BNN agar menghayati catur lebih mendalam," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement