Ahad 23 Oct 2011 17:56 WIB

Duh! Menhan Purnomo 'Melapor' Soal Papua ke Menhan AS

Rep: Wulan Tunjung Palupi/ Red: Stevy Maradona
Purnomo Yusgiantoro
Purnomo Yusgiantoro

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Kondisi keamanan dan kasus menyangkut pelanggaran Hak Asasi Manusia di Papua menjadi salah satu hal yang disampaikan Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro saat pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta di Bali, Ahad (23/10).

Namun Purnomo menyampaikan pertemuan bilateral kedua menteri pertahanan itu tidak membahas penembakan yang terjadi di perusahaan tambang asal AS, Freeport.

"Ini bukan melaporkan, tapi saya ingin Menhan AS dapat penjelasan situasi di Papua dari tangan pertama," ujar Purnomo. Ia menambahkan kasus pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oknum TNI di Papua beberapa waktu lalu, sudah ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Kedatangan Menhan Panetta ke Indonesia adalah kunjungan kerja pertamanya ke Asia sejak dilantik menjadi pimpinan Pentagon untuk pemerintahan Obama, Juli 2011. Pertemuan bilateral antara Menhan Purnomo dengan Panetta berlangsung sekitar satu jam.

Tujuan utama kunjungan Panetta yakni untuk menekankan perlunya negara-negara ASEAN untuk melanjutkan reformasi militer. Pemerintahan Obama juga meminta agar ASEAN semakin menjaga kerjasama diantara negara anggota dan juga dengan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement