Rabu 19 Oct 2011 15:33 WIB

Ow...Meski Dicopot, Suharna Masih Yakini PKS tetap Koalisi

Menristek Suharna Surapranata
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menristek Suharna Surapranata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Suharna Surapranata, anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergusur dari kabinet menegaskan bahwa PKS bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap dalam koalisi.

"PKS dan Presiden tetap dalam koalisi, sedangkan saya tetap bekerja untuk pembangunan bangsa dari luar kabinet," kata Suharna, Rabu (19/10) yang tergeser dari kursinya sebagai Menteri Ristek dan Teknologi (Menristek). Posisinya digantikan oleh Gusti Muhammad Hatta seusai Serah Terima Jabatan di kantor Kemenristek di Jakarta, Rabu.

Suharna, satu dari empat menteri asal PKS di kabinet praperombakan itu mengatakan, setelah meninggalkan kursi menteri ia akan kembali ke partai. Ia menyatakan akan kembali sebagai mitra presiden dengan instrumen partai dan juga bekerja sama dengan Presiden.

Ditanya soal ancaman PKS jika ada satu menteri PKS dilengserkan maka seluruh menteri PKS akan turun dan PKS akan keluar dari koalisi. Iaa menjawab, ia tidak tahu soal itu dan apa yang terjadi di PKS.

"Selama ini saya ditugaskan partai untuk membantu SBY, saya tidak tahu apa yang terjadi di PKS. Sekarang saya kembali ke PKS. Justru saya kembali ingin belajar di PKS," ujar Suharna.

Apakah ia tidak merasa dikorbankan, ia menegaskan tidak. Ia memandang perombakn kabinet hanya merupakan pergantian jabatan, seuatu yang sudah biasa terjadi.

Ia dalam pidatonya mengatakan bahwa Gusti Muhammad Hatta adalah sahabatnya yang selalu duduk bersebelahan di setiap rapat kabinet, karena itu ia memandang dirinya dan Gusti tidak ada bedanya.

"Kami berdua sama-sama bekerja untuk bangsa. Bagaimana berupaya meningkatkan kapasitas iptek nasional dalam MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Pak Gusti bukan orang baru di kementerian," paparnya.

Ia mengakhiri dengan pantun yang dikutipnya dari rekannya sesama PKS Tifatul Sembiring, "Ayu Ting-ting naik Kopaja. Yang penting tetap bekerja," candanya disambut tawa hadirin.

Dengan setelan jas hitam-hitam, ia bersama istri dan Menristek yang baru Prof Dr Gusti Mohammad Hatta beserta istri bersalaman dengan para staf Kemristek dan kemudian berfoto bersama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement