Jumat 14 Oct 2011 16:43 WIB

Negara Tetangga Kebanjiran, Presiden Sampaikan Bela Sungkawa

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Johar Arif
Banjir menggenangi Provinsi Ayutthaya, Thailand Tengah.
Foto: AP
Banjir menggenangi Provinsi Ayutthaya, Thailand Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan rasa bela sungkawa atas musibah banjir yang terjadi di beberapa negara ASEAN. Musibah tersebut telah menimbulkan banyak korban jiwa dan harta benda.

"Sebagaimana saudara ketahui banjir besar telah melanda Thailand, Kamboja, Laos , Vietnam dan juga philipina. Atas nama rakyat Indonesia saya mengucapkan simpati dan bela sungkawa," ujar SBY di kediamannya di Puri Cikeas Bogor, Jumat (14/10). Sebagai Ketua ASEAN, menurutnya Indonesia telah mengambil sejumlah langkah pro aktif.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa telah menjalin komunikasi dengan menlu jajaran ASEAN untuk merumuskan langkah-langkah kolektif dalam membantu negara-negara sahabat tersebut menghadapi bencana alam. Menyangkut bencana alam itu, Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan kepada negara-negara yang terkena musibah.

Menlu, kata SBY, harus terus berkomunikasi dengan pihak luar lain yang terkait untuk memastikan bantuan yang diberikan Indonesia itu tepat sasaran. "Sama halnya dengan negara-negara sahabat ketika dulu Indonesia alami bencana alam," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement