Selasa 04 Oct 2011 16:02 WIB

Koleksi Emas Sonobudoyo yang Hilang Mungkin Masih di Indonesia

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Siwi Tri Puji B
Museum Sonobudoyo
Foto: pesonajogja.com
Museum Sonobudoyo

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Hilangnya koleksi emas yang tersimpan di Museum Sonobudoyo pada pertengahan Agustus tahun lalu sampai kini belum diketahui hasilnya. Namun kemungkinan besar, sekitar 87 koleksi yang hilang saat ini masih berada di dalam negeri.

"Karena hingga kini Intenational Council of Museum (ICOM) belum memberikan laporan mengenai keberadaan koleksi tersebut di luar negeri. Sehingga kemungkinan masih di dalam negeri," kata Sekjen ICOM yang juga Ketua Barahmus (Badan Musyawarah Musea) DIY, KRT Thomas Haryonagoro, pada wartawan di Kepatihan, Selasa (4/10).

Menurut Thomas, ICOM sudah menyebar berita ke berbagai negara, tetapi  koleksi museum Sonobudoyoyang hilang belum terlacak. Jika ditemukan ada indikasi keberadaan koleksi emas di luar negeri, tentu ICOM akan segera memberikan laporan. Sampai kini ICOM belum menyampaikan informasi apapun.

Sementara itu Tim Evaluasi Museum Negeri Sonobudoyo yang berjumlah sembilan orang yang terdiri dari tujuh orang dari elemen masyarakat dan dua orang dari pihak pemerintah. Hasil evaluasi akan dilaporkan kepada gubernur dan kepolisian guna membantu mengungkap raibnya koleksi emas yang bernilai tinggi dan merupakan aset bangsa ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement