Selasa 27 Sep 2011 20:18 WIB

Eh...Presiden Bertemu Sultan Hamengkubuwono Malam-malam

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Gubernur Daerah Istimewa  Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di Istana Negara Selasa (27/9) malam ini. Pertemuan diduga terkait dengan masa kepimpinan Sultan yang akan habis hingga 8 Oktober mendatang.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan pertemuan akan dilakukan pada pukul 20.00. Namun Ia mengaku belum tahu isi pembicaraan antara Presiden dengn Sultan malam ini. "Saya belum tahu,"ujar Gamawan, sebelum mengikuti rapat Selasa (27/9) malam.

Apakah terkait dengan masa jabatan gubernur, Gamawan belum mau membenarkannya. Namun menurut Mendagri masa jabatan Sultan akan habis pada delapan Oktober nanti.

Ia pun telah menyampaikan perihal ini kepada Presiden. Karena, menurutnya tidak mungkin ada kekosongan pemerintahan di Yogyakarta. "Kekosongan tidak mungkin,"ujarnya.

Salah satu opsi yang mungkin yakni dengan memperpanjang masa jabatan Gubernur DIY selama dua tahun mendatang.  Tetapi Mendagri belum bisa memastikan apakah usulan ini diterima oleh Sultan ataukah mengingat jabatan itu telah diperpanjangan sebelumnya selama tiga tahun."Ya belum tahu ini,"katanya.

Sementara itu, Sultan Hamengku Buwono X, mengenakan batik berwarna ungu, tiba sekitar pukul 19.40. Ia belum mau berkomentar banyak seputar pertemuannya dengan Presiden malam ini. "Nanti-nanti setelah pertemuan,"terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement