Selasa 20 Sep 2011 08:31 WIB

Komite Etik KPK akan Periksa Chandra dan Jassin

Rep: bilal ramadhan/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Komite Etik KPK , Selasa (20/9), kembali menjadwalkan pemeriksaan untuk kedua kalinya bagi Wakil Ketua KPK, Chandra M Hamzah. Komite pimpinan Abdullah Hehamahua itu masih memerlukan keterangan dari orang yang disebut-sebut oleh tersangka kasus suap Sesmenpora, M Nazaruddin sebagai perekayasa kasus suap Sesmenpora tersebut.

"Kami masih perlu  keterangan Chandra . Hari ini jadwal pemeriksaan bagi dia sore,” kata  Ketua Komite Etik KPK Abdullah Hehamahua saat dihubungi Republika, Selasa (20/9) pagi.

Sehari sebelumnya, Senin (19/9), Chandra diperiksa terkait dengan sejumlah tudingan Nazaruddin sebagai perekayasa kasus suap Sesmenpora. Pada pemeriksaan itu, berdasarkan keterangan Abdullah, Chandra mengungkapkan bahwa ia hanya bertemu dengan Nazaruddin sebanyak empat kali. Bukan lima kali seperti yang disebutkan oleh Nazaruddin. Ada satu pertemuan yang tidak diakui oleh Chandra yaitu pertemuan yang dilakukan di Kantor KPK.

Selain Chandra, lanjut Abdullah, pihaknya pada hari ini juga akan memeriksa pimpinan KPK lainnya. Yaitu, Haryono Umar. Pemeriksaan ini merupakan untuk kali pertamanya.

Seperti diketahui, Komite Etik KPK dibentuk setelah adanya tudingan-tudingan dari Nazaruddin bahwa sejumlah petinggi KPK melakukan rekayasa dalam penanganan kasus suap pembangunan Wisma Atlet.

Komite Etik sudah melakukan pemeriksaan terhadap pejabat internal KPK seperti Wakil Ketua M Jasin, mantan Deputi Penindakan, Ade Rahardja, dan Juru Bicara Johan Budi.

Selain itu, dari pihak luar Komite Etik juga telah memanggil beberapa nama seperti Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan anggota DPR RI, Saan Mustopa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement