Senin 19 Sep 2011 13:01 WIB

Tetapkan Anggota BPK, DPR Gandeng ICW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Meutya Hafid, mengatakan Komisi XI menggandeng lembaga swadaya masyarakat Indonesian Corruption Watch untuk menetapkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan pengganti TM Nurlif yang nonaktif.

"Kriteria utama anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus mempunyai "track record" (rekam jejak, red)yang bersih. Selain itu juga integritas dan kinerja dari calon ini. Untuk itu DPR menggandeng ICW untuk mendengar masukan untuk calon anggota BPK itu," kata Meutya di gedung DPR, Jakarta, Senin (19/9).

Selain menggandeng ICW, tambah dia, maka DPR juga mengandeng Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut dia, masukan dari ICW dan BIN ini nantinya sangat berguna untuk menentukan anggota BPK. Apalagi, lanjut dia, ketujuh calon anggota tersebut berasal dari akademisi.

"Sama dengan pak Nurlif yang juga berasal dari luar BPK," ujar politisi yang berasal dari partai berlambang pohon beringin ini. Disinggung mengenai siapa yang berpeluang untuk menjadi anggota BPK, Meutya mengatakan semuanya berpeluang menjadi anggota BPK. Hanya saja, lanjut dia, DPR sedang mengkaji calon yang benar-benar bersih, mempunyai kinerja yang baik dan mempunyai integritas.

Batal

Rencananya Komisi XI DPR akan melakukan rapat dengar pendapat dengan ICW terkait calon pengganti anggota VII BPK pada hari Senin pukul 10.00. Tapi hingga setengah jam berlalu, rapat dengar pendapat akhirnya dibatalkan karena ketidakhadiran ICW.

DPR telah membeberkan 16 nama calon anggota BPK yakni Fadjar OP Siahaan, Soemardjo, Achmad Sanusi, Edy Suratman, Wewe Anggraeningsih, Eddy Rasyidin, Emita Wahyu Astami dan Eko Sembodo. Selain itu, Iskarima Supardjo, Jupri Bandang, Bahrullah Akbar, Ktut Gde Wijaya, Faisal, Elvin B. Sinaga, Imam Solahudin dan Kunto Endriyono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement