Jumat 16 Sep 2011 21:48 WIB

Konsumsi Susu Masyarakat Indonesia Masih Jauh di Bawah Malaysia

Rep: Ichsan Emrald Alamsy/ Red: Johar Arif
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Konsumsi susu masyarakat Indonesia masih jauh di bawah konsumsi rata-rata di beberapa negara Asia Tenggara. Konsumsi susu nasional saat ini sebesar 11,09 kilo gram per kapita per tahun, angka ini bahkan tak setengahnya konsumsi susu di Malaysia yang 23 kg/kapita/tahun. Sedangkan rata-rata konsumsi negara di Asean mencapai 20 kg/kapita/tahun.

Untuk mendorong konsumsi susu nasional, Kementerian Perindustrian mengusulkan penurunan bea masuk susu impor menjadi nol persen. ‘’Saat ini usulan masih dikaji dan belum difinalisasi,’’ ucap Kepala Pusat Pengkajian Kebijakan dan Iklim Usaha Industri Kementerian Perindustrian, Haris Munandar kepada wartawan, Jumat (16/9). Haris menyatakan usulan penurunan tersebut dari 5 persen menjadi nol persen.

Haris menyatakan sebelumnya Pemerintah meminta industri pengolahan susu untuk menurunkan harga susu demi peningkatan konsumsi. Hanya saja industri meminta agar bahan bakunya dibebaskan dari bea masuk. Saat ini 75 persen bahan baku industri susu diimpor, yaitu dari Australia dan Selandia Baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement