Selasa 23 Aug 2011 15:58 WIB

Alhamdulillah, Pejuang dan Janda Veteran Dapat Tunjangan Kesehatan dan Rumah

Veteran
Foto: ANTARA/Agus Bebeng
Veteran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengunjungi dan menyerahkan bantuan untuk membantu pejuang perintis kemerdekaan yang menderita sakit.

Mensos mengunjungi kediaman La Karim asal Buton yang menjadi anggota angkatan perang RI kemudian ikut serta menjadi anggota Perintis Irian Barat Bagian Timur yang tinggal di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. La Karim yang berusia 83 tahun saat ini menderita stoke sejak Maret lalu sehingga tidak bisa berbicara jelas.

Mensos juga mengunjungi mantan anggota PETA, H Moentoyo yang berusia 85 tahun dan kini menderita lumpuh karena jatuh sejak setahun lalu dan harus duduk di kursi roda. Kementerian Sosial memberikan bantuan bulanan sebesar Rp516 ribu untuk perintis kemerdekaan dan Rp 2 juta per tahun untuk kesehatan serta Rp1,8 juta per bulan untuk tabungan pensiuanan.

Sementara untuk janda perintis, diberikan bantuan kesehatan Rp1,5 juta dan tabungan pensiunan sebesar Rp1.346.000 per bulan. Selain bantuan perbaikan rumah diberikan secara bergilir dengan besar dana Rp25 juta per Kepala Keluarga.

Saat ini jumlah perintis kemerdekaan yang mendapatkan bantuan Kementerian Sosial sebanyak 350 orang dan 1.180 orang janda perintis. Total dana yang disiapkan Kemensos untuk para pejuang ini mencapai Rp 5 miliar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement