Jumat 19 Aug 2011 14:28 WIB

Umat Islam Indonesia Diminta Peka dengan Bencana Somalia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Anak-anak antri makanan di Somalia
Foto: Farm Industry
Anak-anak antri makanan di Somalia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Baznas, Didin Hafiuddin meminta umat Islam peka terhadap bencana kelaparan Somalia. Menurut dia, sebagai saudara seiman, umat Islam tanah air sewajarnya memberikan bantuan dalam bentuk apapun.

"Berbagai musibah menimpa masyarakat kita, dalam pengertian suadara-saudara kita, baik tanah air maupun luar negeri, baik musibah alam atau sosial. Kini, Somalia yang membutuhkan bantuan kita," kata Didin, saat menghadiri acara Deklarasi Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina (KISS) di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jum'at (19/8).

Didin tak memungkiri masyarakat Indonesia masih didera beragam persoalan yang membutuhkan bantuan. Meski demikian, bukan berarti kita menutup mata dengan persoalan itu.

Sebab, masalah yang menimpa Somalia juga masalah masyarakat Indonesia, utamanya umat Islam. "Kita tahu banyak persoalan, tapi alangkah baiknya bila kita sisihkan waktu sejenak untuk membantu mereka," kata Didin.

Bantuan itu, menurutnya, seusai dengan kadar kemampuan masyarakat. Seperti misal, uang, bantuan pakaian, makanan, dan obat-obatan. "Kami berpendapat, persoalan Somalia begitu kompleks dengan masa penyelesaian yang mungkin membutuhkan waktu panjang. Dengan komitmen kita untuk membantu, tentu akan lebih cepat selesai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement