Rabu 03 Aug 2011 12:20 WIB

Pemeriksaan Pertama, Komite Etik Prioritaskan Chandra dan Ade

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Chandra Hamzah
Foto: Edwin/Republika
Chandra Hamzah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komite Etik KPK akan memanggil dan memeriksa terlebih dahulu petinggi KPK yang disebut-sebut oleh M Nazaruddin. Dua orang pimpinan yaitu Chandra M Hamzah dan M Jasin, Deputi Penindakan, Ade Rahardja, serta Juru Bicara, Johan Budi adalah nama-nama yang akan diperiksa terlebih dahulu.

“Ya rencananya kita akan memprioritaskan nama-nama itu,” kata anggota Komite Etik sekaligus penasehat KPK, Said Zainal Abidin, saat dihubungi Republika, Rabu (3/8).

Said mengatakan, selain alasan nama-nama mereka beberapa kali disebut-sebut oleh Nazaruddin, mereka mendapat sorotan dari masyarakat terkait kredibilitas KPK. “Ya pokoknya nama-nama mereka saat ini yang paling strategis untuk memulai pemeriksaan, dari mereka nanti kita bisa tahu apakah ada pihak-pihak lainnya yang harus diperiksa,” katanya.

Namun, Said belum memastikan hal tersebut. Ia hanya akan mengusulkan pada rapat perdana Komite Etik pada Kamis (4/8) besok. Masalah keputusannya, akan bergantung pada keputusan rapat Komite Etik yang berjumlah tujuh orang.

Adapun materi pemeriksaan itu sendiri, Said mengatakan hal tersebut seperti layaknya sebuah pengadilan. Satu orang diperiksa dan ditanyai oleh seluruh anggota komite etik. “Kita akan cecar mereka dengan berbagai macam pertanyaan,” kata Said.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement