Senin 01 Aug 2011 15:30 WIB

Truk Sembako Masih Penuhi Pelabuhan Merak

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten masih dipenuhi oleh truk ekspedisi angkutan sembako yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Truk ekspedisi yang antre, masih terlihat di jalan layang Cikuasa Atas, Merak, persisnya di depan Rumah Makan Sagalo," kata Deden, petugas PT Marga Mandala Sakti, di Merak, Senin (1/8).

Dia menjelaskan, antrean truk di dalam Tol Merak sudah terurai sejak Minggu pukul 06.00 WIB. "Kalau di dalam tol tidak ada antrean sejak kemarin. Jadi pengendara yang mau ke Merak atau sebaliknya bisa masuk dan keluar tol," katanya.

Terpisah, salah seorang sopir truk yang sudah satu hari antre di Pelabuhan Merak, Markam mengatakan, minimnya armada kapal roro menjadi penyebab antrean ribuan truk yang ada di dalam maupun di luar areal pelabuhan.

"Wajar saja kalau di Pelabuhan Merak sering terjadi antrean truk setiap minggu, karena jumlah kapal tidak sesuai dengan kendaraan yang akan menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni," katanya menjelaskan.

Kondisi yang ada kata Markam, sudah dipahami oleh sopir yang ada, namun dirinya berharap ada solusi dari pemerintah, dan adanya ketegasan serta keadilan sopir.

"Harus segara dicarikan jalan keluarnya, kalau Jembatan Selat Sunda (JSS) adalah program jangka panjang, tapi juga harus dicarikan program jangka pendeknya, dan kami kadang marah dan protes, kalau ada kecurangan dari oknum polisi atau petugas ASDP yang menyegerakan kendaraan masuk ke pelabuhan, padahal kendaraan itu baru datang, dan tidak ikut mengantre," katanya menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement