Senin 11 Jul 2011 18:36 WIB

BK DPR Siap Cecar Ruhut Soal Pengaduan Istrinya

Ruhut Sitompul
Foto: Republika
Ruhut Sitompul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPR RI siap meminta klarifikasi terhadap Ruhut Sitompul menyusul pengaduan istrinya, Anna Rudhiantiana Legawati, yang melaporkan anggota Komisi III DPR RI itu ke polisi dengan tuduhan pemalsuan data akta pernikahan. "Jika ada pengaduan dengan bukti-bukti awal yang cukup, maka Badan Kehormatan DPR RI akan melakukan penyelidikan dan verifikasi," kata Ketua Badan Kehormatan DPR RI, M Prakosa, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/7).

Menurut dia, BK akan bersikap pasif terhadap setiap permasalahan yang menyangkut anggota dewan. BK, kata dia, menunggu pengaduan perihal persoalan yang dihadapi anggota Fraksi Partai Demokrat ini agar dapat melakukan verifikasi dan penyelidikan. "Badan Kehormatan DPR RI akan melakukan penyelidikan dan verifikasi atas dasar pengaduan dari pihak ketiga terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dewan," katanya.

Di tempat terpisah, Ana Rudhiantiana Legawati yang didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea, melaporkan Ruhut ke Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan data akta pernikahan. "Ibu Ana Rudhiantiana adalah istri sah Ruhut Sitompul," kata Hotman Paris.

Pada kesempatan tersebut, Ana Rudhiantiana menjelaskan, dirinya menikah dengan Ruhut Sitompul di Sidney, Australia, pada 1998. Pernikahan tersebut, kata dia, dilanjutkan dengan pernikahan secara adat di Medan, Sumatera Utara, pada 2001. "Dari hasil pernikahan dengan Bang Ruhut, kami dikaruniai seorang anak," kata mantan anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Golkar ini.

Menurut Ana, perilaku Ruhut Sitompul pada keluarga berubah setelah Ruhut menikah lagi dengan Diana Lupita pada 2008. "Sejak saat itu saya merasa ditelantarkan," katanya. Ana menambahkan, ketika akan menikahi Diana, Ruhut mengaku kalau statusnya sebagai lajang dan hubungannya dengan Ana tidak terikat pernikahan. "Saat menikah dengan Diana, Bang Ruhut mengaku masih jejaka," katanya.

Menurut Ana, Ruhut juga diduga sengaja mengubah data keluarga pada biodata dirinya sebagai anggota DPR RI. Ruhut juga diduga mengubah akta nikahnya serta mengakui bila dua anak perempuannya merupakan hasil pernikahan dengan Diana. "Padahal, satu anaknya adalah hasil pernikahannya dengan saya," kata Ana. Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Ruhut Sitompul, ia menyebut persoalan itu adalah lagu lama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement