Rabu 22 Jun 2011 22:14 WIB

Kumpulkan Lebih Banyak Lagi Donasi Darah, PMI Operasikan 100 Unit Gerai 'Bergerak'

Darah donor
Foto: CORBIS
Darah donor

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Palang Merah Indonesia menyiapkan sebanyak 100 unit mobil yang dijadikan sebagai gerai Unit Donor Darah (UDD) bergerak. "PMI sudah menyiapkan gerai berjalan atau bergerak, dan mulai bulan depan bisa digunakan untuk seluruh Indonesia," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla ketika berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Dikatakannya, 100 unit mobil yang dilengkapi dengan fasilitas donor darah sudah akan berjalan. Tujuannya untuk menarik minat masyarakat untuk menyumbangkan darahnya dan membantu yang membutuhkan.

"Selain menguatkan tubuh, donor darah juga sama dengan ibadah karena menolong orang lain. Sesuai dengan yang ditulis di semua aturan suatu agama, bahwa menolong orang lain mendapat pahala atau penghargaan dari Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Cara kerjanya, lanjut Kalla, per mobil yang disebar di sebagian kota di Indonesia ini akan mencari dan berhenti berkeliling di sebuah tempat ke tempat lain.

"Semisal, kalau dari pabrik ke pabrik lain, atau rumah makan satu dan yang lainnya. Ini juga untuk menghemat waktu dan tenaga pendonor. Selain itu, jelas akan banyak peminatnya," tutur mantan Wakil Presiden RI tersebut.

Sementara itu, Ketua PMI Jawa Timur Imam Utama mengungkapkan, pihaknya meminta kepada semua masyarakat agar menjadi seorang pendonor darah secara sukarela. "Jadilah seorang pendonor darah untuk membantu sesamanya," ungkap mantan Gubernur Jatim itu.

Terkait mobil sebagai gerai UDD berjalan yang disiapkan untuk wilayahnya, Imam Utomo mengaku akan menerima dengan senang hati dan mempergunakannya sebaik mungkin.

"Kalau diberi, pasti kami fungsikan sebagaimna mestinya. Kami siap membantu PMI Pusat agar programnya berfungsi," kata Imam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement