Kamis 16 Jun 2011 19:27 WIB

Presiden Pastikan Penanganan Gempa Berjalan dengan Baik

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan penanganan pascagempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, pada Selasa (14/6), berjalan baik.

"Ketika mendarat di Jenewa saya sudah mendapat laporan, ada gempa di Tapanuli Utara. Alhamdulillah tidak ada yang meninggal, ada kerusakan ringan, ada yang berat tetapi sudah bisa ditangani dengan baik," kata Presiden dalam jumpa pers dengan wartawan Indonesia di Hotel Imperial, Tokyo, Kamis (16/6).

Presiden telah berkomunikasi dengan Wakil Presiden Boediono guna memastikan bahwa proses penanganan pascabencana berjalan sebagaimana mestinya termasuk penanganan korban ataupun bantuan.

Pada Selasa (14/6), Staf Pelayanan Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Albertus Simanullang mengatakan gempa pertama berpusat di 1.79 lintang utara (LU) dan 99.13 bujur timur (BT).

Gempa pada pukul 07.08 WIB itu terjadi di 30 kilometer tenggara Tarutung dengan kedalaman 10 km di bawah tanah. Sedangkan gempa kedua berpusat di 1.83 LU dan 99.07 BT atau 22 kilometer tenggara Tarutung dengan kedalaman 10 km di bawah tanah.

Sementara itu Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memberikan bantuan sebesar Rp 700 juta dan obat-obatan untuk korban gempa di Tarutung. Menko Kesra mengaku belum mengetahui secara rinci mengenai tingkat kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,5 SR tersebut.

Namun sebelum berangkat ke Medan, kata Agung, pihaknya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berkomunikasi dengan Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing.

Dari komunikasi itu diketahui bahwa gempa tersebut telah mengakibat ratusan rumah dan gedung pendidikan rusak.

Untuk memperbaiki kerusakan itu pihaknya mengusulkan ke Pemkab Tapanuli Utara agar mengajukan anggaran dalam Perubahan APBD, termasuk dalam Perubahan APBN 2011.

Namun pihaknya belum dapat menginformasikan kemungkinan anggaran yang akan disetujui dalam Perubahan APBN untuk perbaikan atas kerusakan yang terjadi di Tarutung tersebut.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement