Selasa 07 Jun 2011 18:27 WIB

Aset Al Zaitun Diperkirakan Rp 1,3 T, Sebagian Besar di Luar Negeri

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad
Masjid yang belum selesai dibangun dalam kompleks Pondok Pesantren Al Zaytun
Foto: Alzaytunindonesia.co.cc
Masjid yang belum selesai dibangun dalam kompleks Pondok Pesantren Al Zaytun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Negara Indonesia Islam (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 menerima setoran dari daerah setiap bulannya. Mantan Menteri Percepatan Produksi NII KW9, Imam Supriyanto, memperkirakan aset NII lebih dari Rp 1,3 triliun.

"Aset YPI (Yayasan Pesantren Indonesia) Al Zaitun kurang lebih Rp 1,3 triliun," kata Imam Supriyanto yang ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/6).

Imam menambahkan sebagian besar aset Al Zaitun diperkirakan berada di luar negeri. Ia menyontohkan NII pernah memakai uang sebesar Rp 40 miliar untuk mengurus 'dolar hitam' di Spanyol.

Namun sampai sekarang tidak dipertanggungjawabkan. "Kelihatannyadibelikan aset di luar negeri," imbuhnya.

NII masih memiliki banyak komandemen wilayah yang aktif, seperti Jawa Timur dan Jakarta. Untuk di Pulau Jawa, ia menyebutkan ada Komandemen Wilayah (KW) 1, 7, 12 dan 13 serta KW 9. Untuk daerah di di luar KW, disebut Koordinator Wilayah.

Setiap daerah ini, tambahnya, harus menyetorkan sejumlah uang kepada NII KW9. Misalnya Gubernur Jateng harus memberikan setoran lebih dari Rp 2,5 miliar setiap bulan. "Makanya aset NII sangat besar," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement