Kamis 26 May 2011 17:51 WIB

RI Desak Somalia Serius Atasi Perompakan

Rep: bilal ramadhan/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,NUSA DUA-Maraknya perompakan di perairan Somalia menjadikan pembahasan utama dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI dan Somalia. Indonesia meminta agar pemerintah Somalia untuk memperketat keamanan lautnya.

"Intinya, (penumpasan perompakan) dengan meningkatkan kapasitas negara Somalia sendiri," kata Menteri Luar Negeri RI, Marty M Natalegawa, usai pertemuan bilateral dengan Somalia, Nusa Dua, Bali, Kamis (26/5).

Marty menjelaskan dalam pertemuan bilateral tersebut, dibahas mengenai perkembangan masalah perompakan yang kerap menyandera kapal banyak negara, termasuk kapal dari Indonesia. Menurutnya, masalah perompakan dapat diminimalisasi dengan peningkatan keamanan lautnya.

Marty mengatakan hal tersebut karena permasalahan Somalia hampir sama dengan Indonesia. Pasalnya Indonesia juga pernah dipusingkan dengan perompakan yang ada di Selat Malaka yang juga menjadi salah satu lalu lintas terpadat di dunia. Namun, tambahnya, Indonesia mampu mengatasinya karena dapat meningkatkan kapasitas keamanan negaranya.

"Kita kerjasama dengan negara lain seperti Malaysia dan Singapura yang merupakan negara pantai, bukan dengan pendekatan laut. Somalia mengharapkan kerjasama untuk mengatasi masalh itu," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement