Jumat 06 May 2011 13:10 WIB
Negara Islam Indonesia

NII tidak Suka Kader Kritis

Rep: C41/ Red: Didi Purwadi
Demonstrasi menentang NII
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Demonstrasi menentang NII

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Pendoktrinan ideologi yang ditanamkan Negara Islam Indonesia (NII) bukan tidak bisa dicegah. Dengan bertanya kritis dan mendikusikan ideologi NII bersama pihak lain, doktrinisasi NII sangat mungkin ditangkal.

Setidaknya ini berdasarkan pengalaman yang dibagikan oleh mantan NII sekaligus Jamaah Islamiyah, Natsir Abbas. Menurutnya, dengan terus bertanya kepada pihak NII yang berusaha mendoktrinasi kita, maka mereka akan mencoret kita dari daftar calon kader NII.

"Mereka tidak suka dengan kader yang kritis," ujar Abbas saat berbicara di diskusi DPD RI bertajuk "Ancaman Terorisme Pascatewasnya Osama", Jumat (6/5).

Abbas merupakan mantan petinggi JI kawasan timur yang mencakup Malaysia, Kalimantan, Filipina. Abbas menceritakan JI merupakan pecahan dari NII yang memutuskan keluar pada 1993. Abu Bakar Baasyir dan Abdullah Sunkar merupakan dua mantan anggota NII yang kemudian membesarkan JI.

Untuk tidak termakan indoktrinasi kader NII, Abbas menyarankan pelajar, mahasiwa, dan masyarat umum umum tidak mudah percaya dengan ajaran NII. "Jangan mudah terpengaruh. Harus sering sharing dengan guru atau ustadz yang lain," tambahnya.

Ketika seseorang menganggap diri sebagai paling benar dan dengan mudah mengkafirkan orang lain, masyarakat patut mewaspadai orang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement