Kamis 05 May 2011 17:37 WIB

Timor Leste Masuk Bahasan Pejabat Tinggi ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Salah satu agenda dalam Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Offficial's Meeting/SOM) ASEAN yakni membahas rencana Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN dan sengketa di Laut China Selatan (LCS). "Ya benar, dibahas," kata pimpinan pejabat tinggi ASEAN Djauhari Oratmangun ketika ditemui setelah pertemuan itu di Balai Sidang Jakarta, Kamis (5/5).

Djauhari menjelaskan, Indonesia jauh hari telah memberitahu para peserta pertemuan pejabat tinggi ASEAN bahwa Timor Leste berniat mendaftarkan diri sebagai anggota asosiasi negara-negara Asia Tenggara itu.

"Nanti akan kita bahas dan kita laporkan ke menteri luar negeri," katanya.

Dia menjelaskan, topik tentang Timor Leste hanya salah satu dari sekian banyak agenda yang harus dibahas oleh para pejabat tinggi ASEAN.

Untuk sementara, para pejabat tinggi itu akan lebih fokus pada agenda lain, terutama pembentukan masyarakat ASEAN, sebagai salah satu target utama yang harus dicapai.

SOM adalah salah satu petemuan yang mengawali rangkaian KTT ke-18 ASEAN di Jakarta. Selain itu juga ada pertemuan pejabat tinggi bidang ekonomi ASEAN, serta pertemuan antara pejabat tinggi bidang ekonomi ASEAN dan Uni Eropa.

KTT ASEAN akan berlangsung sejak 7 hingga 8 Mei 2011. Pertemuan Tingkat Tinggi itu akan dihadiri oleh para kepala negara/pemerintahan negara-negara anggota ASEAN.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement