Selasa 03 May 2011 20:37 WIB

'Jantung dari Masyarakat Modern Adalah Pemerintah'

Mantan Presiden Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
Mantan Presiden Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU - Pakar pemerintahan Prof. Dr. M. Ryas Rasyid, M.A., Ph.D mengemukakan sistem pemerintahan merupakan inti dari pada kehidupan masyarakat modern untuk mengatur kehidupannya saat ini. "Sistem pemerintahan adalah inti dari kehidupan masyarakat modern sehingga sistem pemerintah harus terus dikelola dengan baik untuk masyarakat," katanya pada acara rapat kerja Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Mamuju, Selasa (3/5).

Raker APPSI dihadiri Asisten I Bidang Pemerintah dan Kepala Biro Pemerintah seluruh Indonesia acara itu dibuka Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh sebagai tuan rumah. Ryaas Rasyid yang juga Dewan Pakar APPSI, mengatakan, dahulu masyarakat belum mengenal pemerintahan, masyarakat hanya berupaya menguntungkan diri sendiri karena tidak ada sistem pemeritahan yang mengatur.

Namun kata dia, setelah perang dunia ke II terjadi, ketika masyarakat berlomba-lomba memajukan ekonomi negaranya, tidak ada pihak atau sistem untuk mengatur dan mengontrol bergeraknya pembangunan di tengah masyarakat yang hidup secara individual. "Sistem pemerintahan kemudian muncul sebagai inspirasi dari perubahan masyarakat untuk mengatur kehidupan mereka baik secara ekonomi dan politik, misalnya ketika masyarakat butuh jaminan kesehatan, keuangan, pendidikan dan lainnya,"kata mantan Mentri Otonomi Daerah ini.

Sistem pemerintahan itulah kata dia, yang berkembang dewasa ini pada masyarakat modern dan wujud lainnya dapat ditemukan dalam pengelolaan sistem administasi pemerintahan yang berkembang di setiap negara termasuk di Indonesia. "Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang dibuat di setiap daerah sebagai sistem pemerintahan salah satunya dari wujud berkembannya pemerintahan untuk mengatur kehidupan manusia dijaman modern ini," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, sistem pemerintahan yang berkembang dewasa ini harus terus dikelola dengan baik agar sistem pemerintahan yang ada itu menciptakan sistem ekonomi yang baik ataupun sistem pemerintahan yang baik. "Sistem pemerintahan yang baik adalah sistem yang tidak hanya mengejar keuntungan tetapi sistem yang mampu mempertahankan bangsa ini agar tetap sejahtera dan makmur dan berpihak bagi generasi mendatang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement