Kamis 31 Mar 2011 13:25 WIB
Melinda Dee Si Cantik Pembobol Citibank

Karyawan Citibank yang Bantu Melinda Masih Diburu Polisi

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Reserse dan Kriminal Polri saat ini masih mengejar karyawan Citibank yang terlibat pembobolan uang nasabah bersama tersangka MD. "Kita tunggu hasil dari penyidik dan masih memburu yang lain," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Jakarta, Kamis (31/3).

Karyawan Citibank yang saat ini masih diburu, Anton katakan jabatannya ada yang di atas dan di bawah tersangka MD, maka masih ditunggu penyidikan selanjutnya. "Sementara itu, D belum terindikasi menikmati hasil dari kejahatan bersama tersangka MD, maka yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan," kata Anton.

Penyidik harus dapat membuktikan mengenai keterkaitan D di dalam melakukan transfer itu, tapi yang jelas D yang menjabat sebagai 'teller' di Citibank masih dalam pemantauan. Tersangka MD adalah Presiden Manager yang merupakan atasan dari D.

Selain itu, penyidik telah memeriksa saksi sebanyak 13 orang terdiri dari karyawan bank dan korban pelapor sebanyak tiga orang, ujarnya. "Sementara itu, barang bukti yang disita antara lain dokumen-dokumen transaksi, satu unit mobil Hummer warna putih telah dititipkan di Rumah Penitipan Barang Sitaan (Rupbasan)," papar Anton.

Modus operandi yang dilakukan pelaku sebagai karyawan bank dengan sengaja telah melakukan pengaburan transaksi, dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer. "Slip transfer penarikan dana pada rekening nasabah untuk memindahkan sejumlah dana milik nasabah tanpa seijin nasabah ke beberapa rekening yang dikuasai oleh pelaku," katanya.

Kerugian akibat perbuatan tersangka, menurut Anton, sementara kurang lebih sebesar Rp17 miliar dan bisa bertambah setelah dilakukan audit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement