Rabu 23 Mar 2011 09:38 WIB

2013, Tanjung Perak Ditargetkan Jadi Pelabuhan Internasional

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kesibukan di Pelabuhan Tanjung Perak
Foto: MARINEINDO.COM
Kesibukan di Pelabuhan Tanjung Perak

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Tak sampai tiga tahun lagi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menargetka Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya bisa sejajar dengan pelabuhan internasional. Untuk itu, Pemprov Jatim bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III sebagai operator untuk melakukan revitalisasi Pelabuhan Tanjung Perak agar fasilitas dan layanan terus membaik.

“Target kami pada 2013 Pelabuhan Tanjung Perak bisa sejajar dengan pelabuhan internasional di Singapura,” ujar Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, Rabu (23/3). Untuk itu, pihaknya memberi tanggung jawab kepada Dinas Perhubungan Jatim untuk melobi Badan Otoritas Pelabuhan (BOP) Tanjung Perak untuk meningkatkan jalur masuk terminal peti kemas.

Caranya adalah dengan melakukan pengerukan kedalaman dan penambahan lebar jalur lalu lintas kapal menjadi 19 low water spring (LWS) dan lebarnya menjadi 200 meter, sehingga kapal generasi 6 bisa masuk. Pasalnya, sekarang baru kapal generasi 4 yang bisa masuk, yang memiliki panjang antara 200 meter hingga 250 meter.

Adapun kedalam laut di Tanjung Perak, saat ini baru 9 sampai 11 mean low water spring (MLWS). Kondisi itu harus ditingkatkan agar kedalaman laut bisa mencapai 19 mean low water spring (MLWS). “Ini karena Pelabuhan Tanjung Perak adalah pintu masuk ke Indonesia Bagian Timur, serta menjadi pelabuhan antarpulau dan internasional, yang melayani 127 juta jiwa setiap tahunnya. Jadi infrastrukturnya harus ditingkatkan,” kata Gus Ipul.

Humas PT Pelindo III, Edy Priyanto menyambut baik rencana Pemprov Jatim yang akan melakukan revitalisasi Pelabuhan Tanjung Perak. Apalagi institusinya juga menyiapkan dana Rp 2 triliun yang digunakan untuk pembenahan dermaga di sejumlah terminal peti kemas. "Dana itu juga digunakan untuk menyelesaikan proyek pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, Lamongan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement