Selasa 22 Mar 2011 17:49 WIB

Duh... Separuh Penduduk Indonesia Belum Konsumsi Air Bersih

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, saat ini setengah dari jumlah penduduk di Indonesia belum mengonsumsi air minum yang bersih. "Baru sekitar 50 persen masyarakat kita yang mengkonsumsi air bersih, selebihnya belum," kata Djoko usai konferensi pers peringatan Hari Air Sedunia di Jakarta, Selasa (22/3).

Djoko mengatakan, target pemerintah sesuai dengan tujuan pembangunan MDGs (millenium development goals) pada 2015 jumlah masyarakat yang mengonsumsi air bersih harus mencapai 68 persen. "Dan sesuai arahan Presiden, pada 2025 tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak mengonsumsi air bersih dan sehat," tambahnya.

Upaya untuk mencapai target tersebut saat ini sudah mulai dilakukan misalnya anggaran dalam APBN banyak yang dikucurkan untuk pelayanan air bersih di pedesaan. Sementara untuk wilayah perkotaan, pemerintah akan mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memberikan layanan air bersih kepada masyarakat.

Ia mengakui saat ini banyak PDAM yang tidak sehat baik dari segi manajemen dan lainnya sehingga pemerintaha akan menyehatkan kembali dengan memfasilitasi modal melalui bank-bank pemerintah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement