Rabu 19 Jan 2011 14:33 WIB

Presiden Perintahkan Tim Dokter Pulihkan Kesehatan Menkes

Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih
Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR RI, Paula Sinjal memberi apresiasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena telah memerintahkan Tim Dokter Pemerintah memulihkan penyakit kanker yang diderita Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Ia mengatakan itu di Jakarta, Kamis, menanggapi polemik seputar vonis penyakit kanker paru-paru atas Endang Rahayu, salah satu anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II, yang kemudian dikaitkan dengan maraknya isu 'reshuffle' kabinet.

"Kita semua pasti terkejut dengan informasi dunia kesehatan nasional itu, karena tokoh sentral dalam pemerintahan yang mengemban amanat dalam bidang kesehatan, yakni Menteri Kesehatan (Menkes), divonis mengidap penyakit kanker paru-paru," ujarnya.

Bagi Paula Sinjal, ini sebuah hal yang wajar, karena Endang Rahayu Sedyaningsi juga seorang manusia biasa. "Apalagi kanker paru-paru adalah jenis kanker yang tidak menampakkan gejala sedikit pun, bahkan sampai stadium lanjut, kata legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara ini.

Tidak heran apabila Menkes sendiri mengaku sangat terkejut bila penyakit yang dideritanya itu kemudian sempat menjadi polemik, bahkan dikaitkan dengan isu-isu politik. Satu hal yang pasti, demikian kata Paula Sinjal, pihaknya perlu memberi apresiasi kepada Presiden Yudhoyono, karena segera mengambil langkah penting sesudah mengetahui informasi tersebut.

"Tanpa berpikir panjang, apalagi terpengaruh dengan isu 'reshuffle', setgelah mengetahui penyakit kanker paru-paru yang menyerang ibu Menkes, bapak SBY memerintahkan Tim Dokter Pemerintah untuk memulihkan kesehatan ibu Menkes," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, Presiden Yudhoyono juga memberi izin kepada ibu Menkes untuk beberapa kali berobat ke Guangzhou, Cina. "Namun, walau sudah divonis menderita penyakit kanker paru-paru, ibu Endang Rahayu Sedyaningsih tetap setia melaksanakan tugasnya sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia," katanya.

Untuk itu, Paula Sinjal dan kawan-kawan di lingkup Fraksi Partai Demokrat DPR RI juga menyampaikan apresiasi serta simpati setinggi-tingginya atas ketegaran dirinya, integritasnya sekaligus konsisten mengedepankan tugas negara, apa pun masalah yang dihadapi. "Kami juga bangga karena apa pun yang terjadi, tidak menyurutkan semangat ibu Menkes untuk mengabdikan dirinya bagi nusa bangsa. Hal ini terbukti bahwa sampai satu tahun masa jabatannya, ia terus berbuat maksimal menjalankan amanat rakyat," katanya.

Mestinya, menurut dia, Menkes bisa saja menomorsatukan urusan pribadinya, khususnya mendeteksi penyakit yang dideritanya. "Kan bisa saja dideteksi sejak dini, lalu ada langkah pemulihan. Tetapi buktinya setahun bekerja sebagai menteri, dia seperti lebih menomorsatukan pengabdian bagi negara, hingga akhirnya dia mendapat vonis penyakit tersebut," ujarnya lagi.

Karena itu, Paula Sinjal dkk di DPR RI berharap, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih cepat mendapat pemulihan dan kesembuhan, sehingga bisa lebih meningkatkan pengabdian kepada ibu pertiwi Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement