Selasa 18 Jan 2011 02:50 WIB

Menkes Bilang Riwayat Kesehatan Bersifat Pribadi

Rep: Prima Restri/ Red: Djibril Muhammad
Menkes
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menkes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Riwayat kesehatan seorang individu tidak seharusnya bocor ke ranah publik. Riwayat kesehatan seharusnya ada di ranah individu atau hanya pasien dan dokter yang mengetahui. Kecuali si pasien menceritakannya kepada pihak lain.

Namun berita tentang seorang menteri kesehatan yang menderita penyakit kanker paru mengagetkan semua pihak. ''Berita yang tersebar selama akhir pekan lalu mengagetkan buat keluaraga. Karena penyakit memang ranah pribadi,'' tutur Endang, Jakarta, (17/1).

Ia mengaku yang awalnya yang mengetahui permasalahan ini hanya sedikit eselon satu. Endang mengatakan bisa saja informasi ini datang dari siapa saja. ''Tapi karena sudah terlanjur ya tidak papa,'' tutur dia.

Ia mengakui kemungkin saja ada dokter yang paham lalu menyebarkan ke dokter lain dan akhirnya berita tersebar. Karena itu Endang menggelar temu wartawan ini untuk memperjelas permasalahan dan menganggap pertemuan ini perlu untuk pembelajaran.

''Ini saya sampaikan agar dokter muda tidak melakukan ini. karena ini etika seorang dokter untuk tidak menyebarkan riwayat kesehatan pasiennya kepada orang lain,'' tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement