Sabtu 15 Jan 2011 00:17 WIB

Pengusaha Berinisial HS Cukongi Gayus

Rep: M Hafil/ Red: Stevy Maradona
Gayus Tambunan
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gayus Tambunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Polri masih melakukan penyelidikan pengusaha berinisial HS dalam kasus Gayus Tambunan. Pengusaha itu diduga menjadi aktor dibalik pembuatan paspor palsu Gayus Tambunan selama berada di dalam tahanan.

“Kita masih melakukan penyelidikan siapa pengusaha HS itu,” kata Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Ito Sumardi saat mengunjungi kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jumat (14/1).

Yang jadi masalah, lanjut Ito, Gayus terkadang memberikan keterangan yang berubah-ubah bagi penyidik kepolisian maupun instansi lainnya. Sehingga untuk mengetahui siapa pengusaha berinisial HS itu, Polri masih terus melakukan penyelidikan yang mendalam.

Gayus Tambunan adalah seorang pegawai Pajak Departemen Keuangan. Ia  ditahan sejak April 2010 karena dugaan kasus mafia hukum dan mafia pajak.  Selama masa penahanannya, Gayus berulang kali keluar dari penjara di Rumah Tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok dan bepergian ke Bali dan sejumlah negara.

Untuk bisa bepergian ke luar negeri itu, Gayus menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono. Diduga, orang yang menyokong dana untuk membuat paspor itu adalah seorang pengusaha berinisial HS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement