Jumat 14 Jan 2011 07:16 WIB

Pakar: ‘The Greater Jakarta’ Bisa Picu Krisis Pangan Nasional

Rep: Antara/ Red: Johar Arif
Jakarta
Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI, Sonny Harry B Harmadi, mengingatkan pemerintah untuk mempertimbangkan secara matang gagasan memperluas wilayah ibukota negara sampai ke Cianjur dan Sukabumi sebagai bagian "The Greater Jakarta".

"Perluasan wilayah ibukota negara itu akan menimbulkan dampak urban ke wilayah subur yang merupakan salah satu sentra produksi tanaman pangan nasional," kata Sonny Harry B Harmadi, di Jakarta, Kamis, menanggapi gagasan pemerintah untuk mengembangkan wilayah ibukota ke beberapa kabupaten di Jawa Barat.

Perluasan wilayah ibukota negara ke Cianjur dan Sukabumi akan mengubah kawasan pertanian menjadi kawasan pemukiman sehingga memberikan dampak negatif terhadap produksi pangan nasional. “Kebijakan perluasan wilayah ibukota negara ini suatu saat akan menimbulkan krisis pangan nasional,” katanya.

Ia mengusulkan agar "The Greater Jakarta" diarahkan ke wilayah Banten yang bukan merupakan sentra produksi pangan nasional. Apalagi di Tangerang ada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan bisa menciptakan efek positif ke arah Pulau Sumatera.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement