Selasa 28 Dec 2010 05:11 WIB
Usulan Penambahan Dapil

Hanura: Itu Akal-Akalan Golkar-Demokrat

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Djibril Muhammad
Akbar Faisal
Akbar Faisal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Keinginan Partai Golkar dan Partai Demokrat memperbanyak daerah pemilihan (dapil) ditolak partai-partai kecil. Memperbanyak dapil dipandang sebagai salah satu skenario membunuh partai kecil dan menengah.

Anggota Komisi II dari Partai Hanura, Akbar Faisal, mengatakan Hanura secara resmi menolak usulan yang mengakibatkan pengurangan kursi dalam tiap dapil. Hanura berpandangan usulan tersebut merupakan akal-akalan partai besar mendominasi parlemen.

"Saya tidak terlalu paham logika itu (logika Golkar dan Demokrat),'' kata dia, Senin (27/12), di gedung DPR. ''Intinya, ini akal-akalan mereka dan kita sudah tahu itu,"tegasnya lagi.

Sebelumnya, Ibnu Munzir, ketua tim pembahasan UU Politik dari Fraksi Partai Golkar, mengatakan partai berlambang pohon beringin itu berharap bisa membesar jumlah daerah pemilihan yang sekarang mencapai 77 daerah pemilihan. Ide tersebut memang belum menjadi keputusan resmi Partai Golkar.

Kajian yang dilakukan Fraksi Partai Golkar namun akan dijadikan acuan bagi penyusunan UU Pemilu yang sebentar lagi masuk tahap pembahasan. Usulan yang sama pernah dilontarkan pula oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement