Senin 20 Dec 2010 21:21 WIB

Presiden Serahkan Penghargaan Bidang Industri

Rep: m ikshan shiddiqie/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyerahkan penghargaan tertinggi di bidang Industri di Istana Negara, Senin (20/12) pukul 10.00 WIB. Penghargaan diberikan kepada pihak-pihak yang berjasa dan berprestasi dalam bidang industri.

Pengembangan sektor industri merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Presiden akan menyerahkan empat penghargaan, yaitu Upakarti, Rintisan Teknologi Industri, Indonesia Good Design Selection (IGDS), dan Kreasi Prima Mutu.

Penghargaan tertinggi bidang industri ini diberikan setiap tahun. Penghargaan Upakarti diberikan kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi melakukan berbagai upaya yang sangat luar biasa dalam pengembangan industri kecil dan menengah.

Penghargaan Rintisan Teknologi Industri diberikan kepada perusahaan industri, lembaga riset dan pengembangan maupun inventor yang telah berjasa mengembangkan teknologi di sektor industri. Penghargaan IGDS kepada perusahaan atau desainer yang telah melakukan upaya menghasilkan desain produk sesuai performa desain dan memenuhi kriteria good design.

Penghargaan Kreasi Mutu Prima diberikan kepada perusahaan industri kecil dan menengah yang secara konsisten dan berkelanjutan menerapkan sistem mutu dengan pendekatan Gugus Kendali Mutu (GKM) untuk mengembangkan usahanya.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Perindustrian, secara kumulatif, penghargaan Upakarti dari 1985 sampai dengan 2009, telah diberikan kepada 1004 penerima yang terdiri dari 420 Jasa Pengabdian, 15 Jasa Pelestarian, 483 Jasa Kepeloporan, 68 Jasa Kepedulian, dan 18 IKM modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement