Rabu 15 Dec 2010 03:46 WIB

KPK: Sebaiknya Anggaran Jangan Dikurangi

Rep: Indah Wulandari/ Red: Stevy Maradona
Johan Budi SP
Johan Budi SP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Komisi Pemberantasan Korupsi berharap pemerintah tidak memotong anggaran pemberantasan korupsi mereka. Sebab bila anggaran yang dijatah tahun ini lebih kecil dari tahun sebelumnya, dikhawatirkan mempengaruhi kinerja KPK.

Hal ini disampaikan Juru bicara KPK, Johan Budi SP, Selasa (14/12). "Pengurangan anggaran di penindakan akan berpengaruh,"ujar Johan.

Dari temuan FITRA, tahun 2011 di KPK anggaran untuk tindakan penyelidikan,penyidikan,dan penuntutan kasus korupsi hanya sebesar Rp 19 miliar. Lebih kecil dari anggaran tahun 2010 yang sebesar Rp 26 miliar.

Dari perkiraan biaya penindakan,biasanya komisi antikorupsi menghitung juga dari target penyelesaian korupsi di daerah. Anggaran penindakan di daerah pun lebih besar dari penanganan di pusat.

"Sebaiknya anggaran tak dipotong karena dilihat penanganan per kasus bila dikurangi,bisa juga berpengaruh pada penindakan,"imbuh Johan.

Ia menambahkan, selama ini memang ada bantuan dari luar negeri. Namun bantuan itu berupa program non uang tunai untuk peningkatan kualitas SDM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement