Jumat 26 Nov 2010 02:44 WIB
Bencana Merapi

Menyelamatkan Ekonomi Rakyat Jadi Prioritas Pascatanggap Darurat

Rep: Indah Wulandari/ Red: Siwi Tri Puji B
Kerusakan akibat letusan Gunung Merapi
Foto: Antara
Kerusakan akibat letusan Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Usai Tanggap Darurat Merapi 9 Desember mendatang, penyelamatan perekonomian rakyat harus menjadi prioritas. Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif,  selain merancang bangunan hunian sementara (huntara) bagi pengungsi, juga disiapkan  cash for work.

“Selain menangani huntara ada juga aset lapangan pekerjaan. Kami bukan ingin membantu pemilik Salak, tetapi menyelamatkan 17 ribu lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Untuk membicarakan persiapan masa Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPB akan mengadakan rapat koordinasi pada Kamis (25/11) malam bersama Gubernur DIY dan Gubernur Jateng dengan mengundang semua bupati/walikota.

Dalam kesempatan itu, Syamsul Maarif juga menyampaikan situasi terakhir pengungsi yang kini  berjumlah 111 ribu orang, tersebar di 707 titik di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dia menjelaskan masih terdapat kesimpangsiuran mengenai data jumlah pengungsi. Apalagi ditambah dengan adanya perubahan batas daerah aman. “Ternyata masih perlu verifikasi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement