Selasa 16 Nov 2010 00:50 WIB

Gayus 'Ber-wig' Berkeliaran di PN Selatan

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Budi Raharjo
Gayus (kiri) dan pria mirip gayus di Bali
Gayus (kiri) dan pria mirip gayus di Bali

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sosok terdakwa mafia pajak, Gayus H Tambunan tampak berkeliaran dengan mengenakan wig (rambut palsu) di selasar Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Di saat yang sama, sidang perdana kasus penggelapan pajak yang dilakukan mantan Pegawai Ditjen itu tengah berlangsung di ruang sidang.

Kejadian ini adalah bagian dari aksi yang dilakukan sejumlah aktivis dan mahasiswa anti-korupsi, merespons sepak terjang kasus Gayus. Dengan menggunakan topeng--layaknya sosok yang diduga Gayus yang tengah menonton pertandingan tenis di Bali--enam pemuda masuk ke ruang sidang.

Kejadian ini kontan memantik perhatian hadirin di ruang sidang, termasuk majelis hakim. Hakim bahkan sempat menghentikan proses persidangan dan meminta petugas kemanan mengusir keenam pemuda.

Kepada sejumlah wartawan, mereka mengaku geram atas sepak terjang Gayus selama ini. Mereka meminta majelis hakim untuk memberikan hukuman yang berat bagi mantan pegawai negeri sipil golongan III A itu. "Ini adalah bentuk keperihatinan kami. Kasus ini harus dituntaskan hingga tuntas dengan sejelas-jelasnya," ujar salah satu mahasiswa, Azis.

Melihat aksi ini, Gayus sesungguhnya yang berada di samping tim kuasa hukumnya hanya tersenyum simpul. Gayus tetap tenang di kursinya dengan mengenakan kemeja batik hijau. Berbeda dengan topeng ytang dikenakan mahasiswa, Gayus tampak ceria dengan rambut plontosnya, tanpa ditutupi wig.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement