Sabtu 13 Nov 2010 03:10 WIB

Menko Polhukam Pimpin Pelepasan Jenazah Des Alwi

Des Alwi
Des Alwi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menko Polhukam Djoko Suyanto, Jumat siang, memimpin upacara pelepasan jenazah sejarawan Des Alwi dari rumah duka di kawasan Permata Hijau Jakarta Selatan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma. Upacara pelepasan jenazah secara militer tersebut dilaksanakan pukul 14.15 WIB dan selesai pukul 15.35 WIB. Jenazah kemudian dibawa ke Halim Perdana Kusuma untuk diterbangkan ke menuju Banda Neira, Maluku.

Dalam upacara itu tampak Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Boediono beberapa saat sebelumnya juga melayat ke rumah duka bersama Ibu Herawati Boediono.

Rusli, kerabat Des Alwi, mengatakan, jenazah Des Alwi akan dimakamkan di Banda Neira, Maluku, Sabtu (13/11).  Ia mengatakan, jenazah akan diterbangkan terlebih dahulu ke Manado melalui Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma. "Jenazah akan disemayamkan sehari di Gedung DPRD Manado, seblum keesokannya diterbangkan ke Banda Neira," katanya. Ia juga menambahkan, akan dilakukan dengan upacara militer pada pemakaman Des Alwi.

Almarhum Des Alwi lahir di Banda Neira, 17 November 1927. Di Jakarta, ia terkenal sebagai pelobi tingkat tinggi dan simbol masyarakat Banda. Des yang merupakan pelaku sekaligus pencatat sejarah itu banyak belajar dari dr Tjipto Mangunkusumo yang disebutnya sebagai Oom Tjip, Dr Muhammad Hatta yang dipanggilnya sebagai Oom Kaca Mata, Sjahrir sebagai Oom Rir, Mr Iwa Kusumah Sumantri dan beberapa anggota Sjarikat Islam Indonesia lainnya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement