Kamis 11 Nov 2010 03:08 WIB

Komisi VIII DPR Awasi Koordinasi Bencana

Rep: Syalabi Ichsan/ Red: Budi Raharjo
Gunung Merapi meletus
Foto: Antara
Gunung Merapi meletus

REPUBLIKA.CO.ID,KLATEN--Komisi VIII DPR RI akan melakukan pengawasan atas koordinasi bencana yang terjadi di gunung merapi. Ketua komisi VIII, Abdul Kadir Karding, mengaku terdapat tiga tim untuk mengawasi tiga daerah besar yang terkena dampak langsung bencana merapi.

"Akan ada tiga tim untuk melakukan pengawasan, yaitu tim Yogya, tim Magelang dan tim Klaten," ujar Abdul Kadir kepada wartawan usai mengunjungi pengungsi di Gelanggang Olahraga Gelar Sena, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (10/11).

Beberapa tugas yang akan dilakukan tim, ujarnya, adalah memastikan ada koordinasi berjalan dengan baik dan membantu pemerintah agar standar kebutuhan pengungsi terpenuhi. Menurutnya, tim juga bertugas untuk memastikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar tidak kekurangan kebutuhan dasar pengungsi dalam masa tanggap darurat ini.

Lebih lanjut, Kadir menjelaskan hal yang harus diperhatikan pemerintah adalah memastikan bahwa semua pengungsi terdata. Kadir pun mengharap kesadaran pengungsi agar mendaftar ke posko pengungsi agar pemerintah dapat memastikan angka kebutuhan logistik yang dibutuhkan.

Kadir menjelaskan anggota DPR tidak hanya melakukan pengawasan. Menurutnya, semua anggota dewan dari fraksi mau pun komisi sudah berkomitmen untuk memotong gajinya agar disumbangkan bagi bencana nasional yang saat ini tengah terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement