Selasa 09 Nov 2010 08:34 WIB

Komisi VIII DPR Awasi Penanggulangan Bencana Merapi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Komisi VIII DPR RI mengawasi penanggulangan bencana letusan Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan membentuk tiga tim. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Gondo Radito Gambiro di Gedung DPR RI Jakarta, Senin, mengatakan, tiga tim itu akan mengawasi penganggulangan korban bencana di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah serta Kabupaten Sleman di Yogyakarta. "Ketiga tim akan berangkat ke Sleman, Magelang, dan Klaten melalui Semarang, Rabu (10/11)," kata Radityo Gambiro.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat menjelaskan, ketiga tim tersebut akan melakukan pengawasan penanggulangan korban bencana selama sekitar empat hari di tiga lokasi berbeda. Dalam pengawasan tersebut, menurut dia, anggota Komisi VIII DPR ingin melihat langsung bagaimana kondisi pengungsi korban letusan Gunung Merapi apakah kebutuhan dasarnya sudah tercukupi, apakah secara psikologis para pengungsi merasa nyaman di pengungsian.

Menurut dia, tim Komisi VIII DPR juga akan melihat langsung bagaimana proses evakuasi terhadap korban meninggal dunia maupun evakuasi terhadap korban selamat jika harus mencari lokasi pengungsian yang lebih aman. "Dalam pengawasan langsung tersebut, kami juga akan berdialog dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), pemerintah daerah setempat, maupun pihak terkait lainnya," katanya.

Gambiro menambahkan, dalam dialog tersebut tim Komisi VIII DPR akan mempelajari sejauhmana antisipasi yang dilakukan BNPB jika terjadi letusan yang lebih besar dan jumlah pengungsi bertambah menjadi lebih banyak. Tiga tim Komisi VIII DPR yang diputuskan pada rapat internal komisi, Rabu, meliputi, Tim Magelang dipimpin Ketua Komisi VIII Abdul Kadir Karding dari Fraksi PKB dan anggotanya Oheo Sinapoy (FPG), Zulkarnaen Jabbar (FPG), Inna Amania (FPDIP), Saifudin Donojoyo (FGerindra), serta didampingi Bambang Wigoyono (Sekretariat) dan Iin Kandedes (tenaga ahli).

Tim Yogyakarta dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII Gondo Radityo Gambiro (FPD), anggotanya Adji Farida Padmo (FPD), Inggrit M Palupi Kansil (FPD), Manuel Kaisepo (FPDIP), A Rubai (FPAN), Iskan Lubis (FPKS), didampingi Chusnul Latifah (Sekretariat) dan Suratman (tenaga ahli). Tim Klaten, dipimpin Arwani Thomafi (FPPP), anggotanya Anita Jacoba Gah (FPD), Rukmini Buchori (FPDIP), Dewi Coryati (FPAN), H Humaid (FPAN), Abdul Rozak Rais (FPAN).

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement