Selasa 02 Nov 2010 06:17 WIB

JK: Penanganan Bencana Jangan Berpedoman Wilayah Administratif

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Ketua Umum Palang Merah Indonesia, HM Jusuf Kalla mengatakan, penanggulangan bencana jangan berpedoman kepada wilayah administratif dan bila ada musibah terdekat harus ditanggulangi secepat mungkin. Bencana menyangkut masalah kemanusiaan sehingga harus ditanggulangi secepat mungkin terutama badan penaggulangan bencana terdekat, katanya pada acara penyerahan bantuan mobil amphibi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel di Palembang, Senin.

Bantuan dua buah mobil amphibi itu diserahkan langsung mantan Wakil Presiden kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel di Palembang. Selain itu kedatangan Jusuf Kalla dari Mentawai, Sumatera Barat ke Palembang untuk melihat kesiapan daerah ini dalam mengantisipasi bila terjadi bencana alam.

Lebih lanjut dia mengatakan, bencana tidak memandang wilayah dan bila terjadi musibah harus ditanggulangi bersama, terutama bagi badan penanggulangan terdekat. Begitu juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel harus selalu siaga, dan bila terjadi musibah di provinsi terdekat harus secepat mungkin ditanggulangi, kata dia lagi.

Mengenai bantuan mobil operasional yang bisa digunakan di air maupun pegunungan tersebut, lanjut dia, karena Provinsi Sumsel daerahnya terdiri atas perairan dan pegunungan sehingga kendaraan itu dinilai lebih efektif. Menurut dia, sementara dalam penanggulangan bencana ada yang harus dipersiapkan seperti sumber daya manusia yang terampil dan peralatan memadai.

Selain itu koordinasi yang terarah sehingga bila terjadi bencana dapat diantisipasi secepat mungkin, kata dia lagi. Sehubungan itu, diminta kepada daerah ini untuk selalu siaga dan terus meningkatkan keterampilan, sehingga dapat mengantisipasi permasalahan di lapangan dengan baik bila terjadi musibah, ujar dia.

Menurut dia, musibah tidak dapat diprediksi karena itu sudah menjadi hukum alam, sehingga semua harus tetap waspada. Ketika ditanya mengenai kondisi Mentawai, ia mengatakan, saat ini tim penanggulangan bencana terus melakukan evakuasi dan memberikan bantuan yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di daerah itu.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement