Rabu 27 Oct 2010 10:47 WIB

Pengungsi Mentawai Kekurangan Logistik

Rep: c23/ Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, MENTAWAI--Ratusan pengungsi di Mentawai saat ini memerlukan kain kering, makanan dan obat-obatan. Namun segenap bantuan itu, masih dalam perjalanan dari Padang. Bantuan itu dibawa Tim Kaji Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. Belum diketahui apakah hari ini bantuan tersebut bisa sampai, karena ombak yang besar.

Di sisi lain, untuk mempermudah pendistibusian logistik, sekaligus membawa Tim Kaji Cepat BPBD dan tim lainnya,  Lantamal Teluk Bayur sudah meminta bantuan dari Aceh untuk mendatangkan kapal perangnya KRI serta satu unit helikoper. Kapal perang itu sudah berangkat dari Aceh Selasa sore, akan menempuh perjalanan sekitar 16 jam.

Menurut Danlantamal, Aswad, kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai personil, seperti medis, TNI dan langsung menuju Mentawai. "Kapal itu diperkirakan sampai Padang sekitar pukul 02.00 WIB dini hari," terang Aswad.

Tim Kaji Cepat BPBD Sumbar terdiri atas BPBD 12 orang, Basarnas Padang, Dinas Kesehatan 10 orang, Dinas Sosial Sumbar 4 orang, PMI dan para wartawan. Sebelumnya kapal milik Pemkab Mentawai, yang didalamnya membawa Bupati Mentawai Edison Saleleubaja, yang berada di Padang saat gempa berlangsung, Danrem, Dandim Mentawai dan sejumlah pejabat Mentawai berusaha berlayar, namun sampai di tengah laut, kapal tersebut dihadang ombak besar. Selasa pagi dua kapal barang balik kanan, untuk menghindari cuaca buruk.

"Kita akan berusaha semampunya untuk mendistribusikan logistik, karena masyarakat setempat sangat keterbatasan makanan," kata Kepala Pusdal Ops Sumbar, Ade Edward, kepada wartawan di Padang, Selasa (26/10). Menurutnya, ratusan warga mengungsi serta tidak memiliki persiapan makanan, pakaian dan lainnya. Tim Kaji Cepat BPBD Sumbar, sesampainya di Mentawai, akan memberikan bantuan dan menyalurkan logistik yang dibawa. Mereka akan tinggal di Mentawai sekitar satu pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement