Selasa 19 Oct 2010 08:22 WIB

Mendagri Minta Pembangunan Kampus IPDN Sesuai Jadwal

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta agar pelaksana proyek pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri dilaksanakan sesuai jadwal. "Kepada kontraktor disiplin dalam pembangunan kita tidak ingin waktu berlebih sehingga penyerapan dana tidak maksimal," katanya pada peletakan batu pertama pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, Senin.

Kementerian Dalam Negeri seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraeni pembangunan tahap pertama ditargetkan selesai 90 hari kerja mulai 1 Oktober - 29 Desember 2010.

"Diharapkan tahun ajaran baru pada Juni 2011 pembangunan kampus sudah selesai, jadi pelaksanaan tender tahap kedua harus lebih cepat," tambah mendagri.

Tahap pertama pembangunan kampus di atas lahan seluas 14 hektare tersebut terdiri atas gedung perkuliahan asrama praja putra, gedung menza dan asrama praja putri. Menurut dia, lahan pembangunan yang akan digunakan kemungkinan akan diperluas, untuk itu ia meminta Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo menyiapkan lahannya jika dibutuhkan.

Kampus yang akan menampung 400 calon praja ini menggunakan anggaran sebesar Rp180 miliar untuk kedua tahap pembangunan dalam dua tahun anggaran. Mendagri mengharapkan kampus ini akan menjadi simbol keragaman yang dimiliki Indonesia dalam bingkai persatuan dan kesatuan negara. "Kampus ini miniaturnya kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ia juga merasa yakin kalau kampus ini akan mendorong tingkat kesejahteraan rakyat di sekitar layaknya kampus IPDN di Jatinangor Sumedang, Jawa Barat, yang berubah menjadi kawasan perkotaan. Dalam proses belajar mengajarnya ke depan, ia meminta agar para kepala daerah juga meluangkan waktu untuk memberikan materi kepada para calon praja khususnya mengenai pengalaman penyelesaian konflik.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan kampus ini merupakan bagian dari upaya yang sangat strategis dan mengandung komitmen yang dalam dan memberikan kontribusi tinggi bagi negara untuk membangun pemerintahan yang kuat demi kesejahteraan rakyat.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement