Sabtu 09 Oct 2010 04:18 WIB

Propam Polri Dalami Keterlibatan Anggotanya Terkait Mobil Mewah Bodong

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: Djibril Muhammad
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Polri mulai mendalami keterlibatan anggota kepolisian dalam kasus penyelundupan mobil mewah di Batam. Untuk menyelidikinya, Kapolri pun mengirim tim Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri ke Batam.

"Hari ini sesuai perintah kapolri sudah berangkat tim dari Divisi Propam," jelas Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Ito Sumardi di rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/10).

Menurut Ito, tim akan mendalami proses keluarnya dokumen dan surat-surat mobil mewah tersebut. Menurut Ito, semua pihak akan diperiksa termasuk direktur lalu lintas Polda Kepulauan Riau.

Namun, jelas Ito, terdapat kemungkinan bahwa yang terlibat hanya sampai pada oknum dan tidak sampai kepada Kapolda dan Dirlantas. "Oknum yang terlibat semua pasti ditindak. Kita tidak ingin akibat perbuatan mereka rugikan orang lain," ujarnya.

Ito pun mengaku telah berkoordinasi dengan petugas pegawai negeri sipil (ppns) dari dirjen pajak dan dirjen bea cukai untuk melakukan penyidikan. Pasalnya, ungkap Ito, diduga banyak oknum yang bermain dalam penyelundupan mobil mewah ini.

Anehnya, hingga saat ini Ito mengaku belum ada tersangka yang ditetapkan akibat kasus tersebut. Bahkan, ungkap Ito, untuk tujuh pemilik showroom mobil mewah yang sempat dijanjikan Polri akan ditetapkan statusnya. "Kita lihat apakah ada indikasi terlibat langsung. Sekarang sedang didalami," ujar Ito.

Direktorat 1 bidang Keamanan Transnasional Mabes Polri sendiri melakukan penyitaan terhadap mobil-mobil selundupan dari negara luar di Batam sejak September lalu. Menurut Ito, hingga saat ini terdapat 104 unit mobil mewah yang sudah disita polisi. Total kerugian negara yang dialami akibat penyelundupan ini, ujar Ito, sekitar Rp 900 Miliar.

Ito memastikan angka tersebut belum final. Pasalnya, ujar Ito, saat ini polisi menghentikan penyitaan mobil mewah untuk sementara. "Kita stop dulu," katanya. Sementara, Ito mengatakan masih banyak mobil mewah illegal lain yang belum disita polisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement