Jumat 08 Oct 2010 22:52 WIB

PPP Siap "Amankan" Timur Pradopo

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Siwi Tri Puji B
Komjen Timur Pradopo
Komjen Timur Pradopo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Irgan Chairul Mahfiz menyatakan, fraksinya siap mengamankan Komjen Timur Pradopo dalam fit and propertest calon Kapolri di komisi III DPR. Seluruh anggota Fraksi PPP di komisi III telah diinstruksikan untuk memuluskan mantan Kapolda Metro Jaya itu sebagai Kapolri menggantikan Jendral Bambang Hendarso Danuri.

"Kami sepakat dengan presiden prihal diajukannya pak Timur sebagai Kapolri. Kami kira Timur Pradopo merupakan calon yang tepat untung memimpin reformasi di tubuh Polri," kata Irgan kepada Republika, Jum'at (8/10). PPP menilai Timur memiliki sejumlah kelebihan dan prestasi baik saat menjabat sebagai Kapolda.

Menurutnya, tak mudah menjadi kepala polisi daerah di sejumlah propinasi besar. "Tentunya merupakan prestasi tersendiri saat dia menjadi pemimpin daerah berkategori A, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat," ungkapnya.

Selain itu, dia memandang Timur sebagai sosok yang sesuai dengan kriteria penilaian PPP. Kedekatannya dengan masyarakat menjadi dasar utama pertimbangan partainya. "Dia pun sosok yang shaleh dan dekat dengan sejumlah kalangan agama. Sikap religiusnya ini menjadi salah satu nilai plus," tukas Irgan.

Dia berharap, dengan latar belakang kedekatan dengan kalangan keagamaan, Timur mampu melakukan pendekatan yang persuasif. Hal itu, ujarnya, akan menjamin adanya stabilitas antarumat beagama dan mampu meredam radikalisme yang mengatasnamakan agama. "Kami harap ada sentuhan baru darinya dalam mengangani berbagai masalah, di antaranya terorisme," pungkas Irgan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement