Rabu 06 Oct 2010 03:44 WIB

PAN: Timur Pradopo Paling Tidak "Bau" Kompromi Politik

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Siwi Tri Puji B
Komjen Timur Pradopo
Komjen Timur Pradopo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung penuh terpilihnya Komjen Timur Pradopo sebagai calon kepala kepolisian RI menggantikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri. PAN bahkan membantah bahwa keputusan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berbau kompromi politik.  

Demikian dikatakan Sekretaris DPP PAN, Viva Yoga. Menurut dia, justru sosok Timur merupakan sosok yang yang terbebas dari kegiatan politik kekuasaan. “Calon-calon lain seperti Imam (Komjen Imam Sudjarwo) dan Nanan (Komjen Nanan Soekarna) di internalnya sudah membangun kelompok-kelompok sendiri,” katanya saat dihubungi Republika, Selasa (5/10).

Sementara,menurut Yoga, seorang polisi harus benar-benar terbebas dari politik kekuasaan dan menjalankan politik negara. Artinya melaksanakan tugas demi negara dan bukan demi kekuasaan. Apalagi, menurut dia, proses penunjukkan calon kapolri beberapa waktu lalu sangat kental ditarik dengan muatan-muatan politik. Hal itu, menurutnya, tidak boleh terjadi. Pasalnya, polisi merupakan abdi negara dan kepolisian merupakan institusi yang bertanggung jawab kepada negara.

Selain itu, dukungan PAN juga didasari pemikiran bahwa Komjen Timur ini dianggap mampu mempertanggungjawabkan integritasnya. “Sosok kepemimpinannya pun bisa mengayomi,” kata dia. Apalagi mengingat proses politisasi calon kapolri sempat terjadi, kata Yoga, Timur merupakan figur alternatif terbaik untuk menyelamatkan institusi polisi dari proses politisasi politik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement