Kamis 30 Sep 2010 05:47 WIB

Ibu Negara Resmikan Desa Sejahtera

Rep: Heri Purwata/ Red: Siwi Tri Puji B
Ani Yudhoyono
Foto: Rumgapres
Ani Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Ibu negara Hj Ani Bambang Yudhoyono Rabu (29/9), meresmikan Desa Sejahtera Hargotirto, Kokap, Kulonprogo bertempat di Waduk Sermo. Pengembangan desa sejahtera ini merupakan pengembangan antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM) bekerjasama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Nampak hadir mendamping Ibu Ani Yudhoyono antara lain Ny Herawati Budiono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, Rektor UGM Prof Ir Sudjarwadi, Ny Ratna Djoko Suyanto dan Ny Okke Hatta Radjasa. Turut hadir juga Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad beserta istri.

Dalam sambutannya Ani Yudhoyono mendukung program yang dilakukan UGM bersama SIKIB yang diwujudkan dalam gerakan nasional pemberdayaan menuju masyarakat sejahtera melalui pendampingan mahasiswa secara berkesinambungan. Gagasan yang diawali dengan komunikasi antara Fakultas Kedokteran UGM dan SIKIB untuk program Indonesia Sehat telah berkembang dalam bentuk terintegrasi melalui Desa Sejahtera yang diimplementasikan pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Pemerintah Provinsi DIY yang didampingi LPPM UGM.

“Desa Sejahtera Hargotirto ini diharapkan menjadi show case atau laboratorium hidup bagi replikasi program serupa di berbagai lokasi lain di Indonesia,” kata Ani.

Ia juga mendukung dan menyambut baik berbagai program KKN-PPM UGM yang melibatkan mahasiswa termasuk mahasiswa asing. Program KKN-PPM UGM sejauh ini telah mendapatkan pengakuan baik di tingkat regional, nasional bahkan luar negeri. “Program KKN-PPM UGM sudah banyak diadopsi oleh perguruan tinggi lain. Selain itu juga telah mendapat pengakuan internasional pula,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement