Sabtu 18 Sep 2010 07:21 WIB

Lho! Kok Komisi III Juga Ikutan Kunker ke Inggris dan Kanada

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Djibril Muhammad
Gedung DPR
Gedung DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Seolah tak mau kalah dengan anggota komisi lainnya di DPR. Komisi III juga berencana akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara. Salah satunya adalah Inggris dan Kanada. Kunjungan itu untuk memelajari keimigrasian di Inggris.

Rencananya pada Selasa (21/9) besok beberapa orang anggota Panja RUU Keimigrasian berangkat ke Inggris. Selain ke Inggris, anggota Komisi III lainnya juga akan berangkat ke Kanada untuk mendalami keimigrasian demi pembahasan RUU Keimigrasian.

Wakil Ketua Komisi III dari Partai Golkar, Aziz Syamsudin, ketika dikonfirmasi, Jumat (21/9), tidak membantah kabar kunjungan kerja mereka ke Inggris. ''Berdasar rapat pleno disepakati seperti itu,'' katanya.

Alasan negara Ratu Elizabeth itu dipilih, menurut dia, karena lembaga keimigrasiannya yang terintegrasi dalam satu atap. Yakni dengan kepolisian, bea cukai, dan angkasa pura. ''Kami mau belajar bagaimana lembaga-lembaga itu tidak tumpang tindih,'' sambung dia.

Anggota Komisi III dikabarkan akan berada di Inggris selama lima hari. Sementara itu anggota Komisi III yang ke Kanada berangkat di bawah pimpinan Wakil Ketua Komisi III dari PAN, Tjatur Sapto Edy. Menurut Aziz, kritik publik atas kunjungan kerja DPR dimakluminya. Tetapi dewan membutuhkan data pembanding, selain data yang diajukan pemerintah, dalam menyelesaikan pembahasan undang-undang ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement