Kamis 02 Sep 2010 05:16 WIB

Bursa Kapolri, Kapolri akan Ajukan Dua-Tiga Kandidat Cakapolri

Rep: aby/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri akan mengajukan dua hingga tiga nama kandidat calon Kapolri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol Iskandar Hasan, mengatakan, pengajuan nama tersebut akan dilakukan dalam satu bulan ke depan.

"Dalam waktu dekat satu bulan ini,"ujar Iskandar kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/9). Iskandar mengungkap pengajuan nama tersebut dalam rangka penggantian Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri yang masa jabatannya akan berakhir pada 10 Oktober 2010.

Sayangnya, Iskandar enggan memberikan siapa nama kandidat yang akan diajukan oleh Kapolri tersebut. Namun, ia memberi petunjuk bahwa perwira tinggi yang diajukan mempunyai pangkat bintang dua sampai bintang tiga.

Menurutnya, perwira tinggi bintang dua memang masih mempunyai kans untuk menjadi Kapolri. Jika hal tersebut terjadi, ujarnya, maka perwira tersebut akan dinaikkan bintangnya dalam waktu dekat.

Iskandar mengatakan, kandidat tersebut lahir setelah adanya uji kompetensi kandidat oleh tim internal Polri. Setiap kandidat, ungkapnya, telah menjalani tes kejiwaaan dan tes fisik dari tim.

Selain itu, ungkapnya, tim juga telah melakukan verifikasi terhadap latar belakang kehidupan sehari-hari, tentang keluarga, sosiometri atau penilaian rekan-rekan kerja terhadap yang bersangkutan. "Dari proses itu semua, Wanjakti (Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tertinggi) mengambil keputusan, si A, si B, dan C," jelasnya.

Iskandar kembali menegaskan tidak ada pembatasan angkatan dalam pengajuan nama-nama kandidat tersebut. Menurutnya, nama-nama itu lahir dari proses verifikasi yang dilakukan oleh tim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement