Ahad 29 Aug 2010 09:21 WIB

Ledakan Kapal Tanker, 4 Orang Luka Parah dan Puluhan Rumah Rusak

Rep: Arif S/ Red: Arif Supriyono
Perairan Sapeken, Sumenep, Madura.
Foto: edwin-suryadi.frienster.com
Perairan Sapeken, Sumenep, Madura.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP--Ledakan tanker minyak mentah milik PT Kangean Energy Indonesia Ltd, Sabtu (28/8), membuat kerusakan cukup parah. Ledakan yang berjarak sekitar 400 m dari bibir pantai itu juga merusak puluhan rumah penduduk di wilayah Sapeken, Sumenep, Madura.

Empat karyawan PT KEI yang berada di dalam kapal mengalami luka parah. Mereka dibawa dengan helikopter ke Denpasar dan kini dirawat di Rumah Sakit Umum Denpasar, Bali. Sedangkan 29 karyawan yang mengangkut minyak di sekitar lokasi mengalami luka ringan.

Kepala Desa Sepanjang, Sapeken, Sumenep, Hamsuri, mengatakan petugas terus mengusahakan pembersihan tumpahan minyak di laut. Dia mengungkapkan, ledakan kapal tanker itu juga mengakibatkan  puluhan rumah rusak karena kuatnya getaran yang terjadi.

Kapolsek Sapeken, Iptu Turmudzi, mengaku tak tahu penyebab terjadinya ledakan. Petugas kini sedang melakukan penyelidikan dan mengevakuasi korban serta berupaya mengangkat posisi kapal yang nyaris terbalik.

Turmudzi menambahkan tumpahan minyak mentah sekitar 80 barel itu mencemari perairan Sapeken. Sore tadi, api berhasil dipadamkan oleh petugas dan warga masyarakat sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement