Selasa 17 Aug 2010 19:55 WIB

Polisi Mulai Alihkan Arus di Sekitar Istana Merdeka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anggota Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya pada Selasa (17/8) pagi mulai mengalihkan arus kendaraan di sekitar Silang Monumen Nasional menuju Istana Merdeka. Ini berkaitan denngan pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih pada 17 Agustus,.

Penutupan jalur kendaraan mulai pukul 07.50 WIB. Kendaraan pribadi maupun angkutan umum tidak diperbolehkan memasuki ruas jalan yang menuju Istana Merdeka. Petugas kepolisian hanya mengizinkan kendaraan tamu yang berstiker sebagai peserta upacara yang bisa memasuki kawasan ruas jalan sekitar Istana Merdeka.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya mengalihkan sementara lima jalur utama di sekitar Istana Merdeka menjelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 tahun. Pengalihan jalur kendaraan pribadi dan angkutan umum di sekitar Istana Merdeka itu saat detik-detik proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih pada 08.00 hingga 11.00 WIB dan 16.00 hingga 18.00 WIB.

Kelima jalur utama di sekitar Istana Merdeka itu, yakni Jalan Merdeka Barat, Jalan Museum, Jalan Majapahit, Jalan Veteran, dan Jalan Merdeka Utara. Pengalihan arus lalu lintas saat upacara pengibaran dan penurunan bendera di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat untuk kawasan Bundaran Air Mancur (Patung Kuda) rutenya yaitu arus lalu lintas dari Jalan MH. Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat di Bundaran Air mancur dialihkan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Harmoni atau belok kanan menuju jalan selanjutnya.

Sementara dari Jalan Merdeka Selatan menuju Jalan Merdeka Selatan-Jalan Merdeka Timur dan Barat di Bundaran Air Mancur dialihkan ke kiri ke Jalan MH Thamrin atau lurus menuju Jalan Budi Kemuliaan. Dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Merdeka Barat di Bundaran Air Mancur diluruskan ke Jalan Merdeka Selatan atau belok ke kanan ke Jalan MH Thamrin.

Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Merdeka Barat diarahkan menuju jalan Majapahit-Harmoni, Lampu Merah Harmoni arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan majapahit dan Jalan Merdeka Barat di lampu merah Harmoni dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda. Untuk kawasan Jalan Veteran, arus lalu lintas dari Jalan Juanda menuju Blok M yang melalui Veteran III di Jembatan Bina Graha lurus ke Jalan Pos-Pejambon-Tugu Tani-Merdeka Selatan-Bundaran Air Mancur.

Dari Jalan Juanda menuju Blok M yang melalui Veteran Raya di Putaran Pintu Air diarahkan lurus ke Jalan Pos-Lapangan Banteng-Tugu Tani-Bundaran Air Mancur. Kendaraan dari arah Lapangan Banteng menuju Kota yang melalui Veteran Raya di pertigaan Tugu Adipura diarahkan belok kanan ke Jalan Pos dan Jalan Gunung Sahari.

Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur menuju Kota yang melalui Merdeka Utara di bawah rel kereta api di depan Gedung Pertamina diarahkan belok kanan menuju Jalan Perwira-Lapangan Banteng-Jalan Gunung Sahari. Terkait dengan jumlah petugas keamanan, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.422 personil untuk rangkaian kegiatan utama perayaan Kemerdekaan ke-65 RI tahun mulai 16 hingga 17 Agustus 2010.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement