Kamis 05 Aug 2010 02:30 WIB

Megawati Tolak Rumah Aspirasi

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endro Yuwanto
Megawati
Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, menolak usulan rumah aspirasi yang diajukan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR. Menurut dia, tugas anggota dewan adalah menyerap aspirasi rakyat, bukan membangun rumah demi menampung aspirasi tersebut.

''PDIP menolak hal itu,'' ujar Megawati, Rabu (4/5), usai membuka Rakornas II PDIP di Sentul International Convention Center.

Megawati melihat, tujuan utama anggota DPR bekerja adalah untuk menyejahterakan rakyat. Kembali ke tujuan berpolitik itu, Megawati mengatakan anggota dewan sudah sepatutnya menyambangi konstituen demi menyerap aspirasi rakyat. ''Sebagai anggota legislatif ya kita yang datang ke konstituen mendengarkan pengaduan mereka,'' sambung dia.

Megawati tidak menolak rencana pembangunan rumah aspirasi bila dilakukan dengan dana sendiri. ''Kalau secara pribadi, terserah,'' ujar dia. Namun ia menolak bila usulan tersebut dilaksanakan dengan dana APBN.

Usulan membangun rumah aspirasi, kata Megawati, memang tercantum di Tata Tertib DPR RI. Tapi ia melihat tidak ada kewajiban yang mengharuskan dewan membangun rumah aspirasi sebagai meknisme penyerapan aspirasi. Artinya, dewan bisa mengerjakannya bisa pula tidak.

Megawati berharap dewan mempertimbangkan usul tersebut. Uang negera yang mungkin terpakai untuk pembangunan rumah aspirasi dipandangnya lebih baik dimanfaatkan untuk kebutuhan rakyat yang lebih nyata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement