Sabtu 24 Jul 2010 04:04 WIB

Para Tokoh GAM Sudah Jadi WNI

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Djoko Suyanto
Foto: Irianto PW/Republika
Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Djoko Suyanto, mengatakan empat tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) seperti almarhum Hasan Tiro, Malik Mahmud, Zakaria Zaman, dan Zaini Abdullah telah menjadi warga negara Indonesia dengan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

''Tokoh-tokoh itu telah kembali menjadi warga negara Indonesia,'' kata Djoko Suyanto saat melakukan rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat terkait dengan pembahasan UU 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua dan UU 11/2006 tentang Otonomi Aceh di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (23/7).

Karena telah menjadi warga negara Indonesia (WNI), DPR menyampaikan apresiasinya terhadap niat baik dari pemerintah itu. ''Kami memberikan apresiasi atas usaha pemerintah terhadap ketiga tokoh GAM itu sehingga kembali ke pangkuan ibu pertiwi dengan mendapatkan KTP,'' kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso.

Djoko melanjutkan, dengan kembalinya tokoh GAM itu, diharapkan pembangunan di Aceh Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) bisa berjalan dengan baik. ''Ini memberikan sinyal yang positif untuk kelangsungan pembangunan di NAD ke depan,'' harapnya.

Terkait dengan keamanan di Aceh, mantan Panglima TNI itu mengatakan, sekarang ini trendnya semakin kondusif walaupun masih ada kasus-kasus kriminal dan tindakan kekerasan. ''Terkait dengan terorisme di Aceh, terungkap ada upaya kelompok-kelompok teroris yang memanfaatkan wilayah dan rakyat Aceh untuk bergabung dengan mereka dan direkrut oleh mereka. Namun gerakan itu sudah tercium dan tidak berhasil memanfaatkan atau merekrut warga Aceh,'' jelasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement